CM303Indo

1 Oktober Sebagai Salah Satu Kisah Jendral A Yani

Cerita yang mengisahkan tentang istri jendral Yani memberi makan tahanan PKI.

1 Oktober Sebagai Salah Satu Kisah Jendral A Yani
CM303 - Kabar terbaru mengenai rekonsiliasi yang bersangkutan dengan pemerintah sebagai permintaan maaf pada mereka yang terlibat dari oknum PKI. Kalau permintaan maaf saja tidak dimaafkan, bagaimana dengan masalah rekonsiliasi?

Yayuk Ruliah sebagai istri dari mendiang Jendral TNI Ahmad Yani telah melakukan pada sebuah sejarah, dimana sudah menjalankan rekonsiliasi secara khusus sejak dulu.

Amelia A. Yani yang dikenal karena salah satu putri jendral A.Yani menceritakan peristiwa Gerakan 30 September, saat Yayuk sering memberikan makanan kepada tahanan PKI.

Setelah kejadian kejam di kediaman Jendral Yani yang berada di j. Lembang D58, Jakpus pada saat subuh, 1 Oktober 1965, keluarga Jendral A.Yani tidak pernah mendiamin rumah itu lagi.

Pada tahun 1966, istri Jendral A.Yani sendiri telah membeli sebuah rumah di sebrang rumah lama mereka. Disanalah, Yayuk kerap melihat tahanan PKI yang digiring oleh Corps Polisi Militer untuk membersihkan di rumah lama yang sekarang sudah berubah menjadi Musium Sasmitaloka Pahlawan Revolusi A.Yani.

Dahulu kala, tahanan PKI dalam beberapa minggu, naik mobil khusus tahanan ke rumah lama mereka dan disanalah mereka kerap membersihkan kebersihan sekitar.

Namun ibu pun mengambil banyak piring beserta nasi dan teh manis. Tahanan tersebut disuruhnya makan terlebih dahulu bersama CPM. Tahanan yang takut dengan CPM tersebut pun, makan dengan lahap biarpun sedikit ketakutan. Kejadian yang terlihat itulah dapat terlihat kalau ibu sudah memaafkan dan menjalankan rekonsiliasi.

Perhatian oleh istri Jendral tersebut, tidak pilih kasih hanya terhadap para tahanan PKI, namun perhatian juga diberikan kepada Mayjen Pranoto.

Jendral Pranoto yang pernah ditahan di penjara blop p, Kebayoran Baru, karena dituduh bekerja sama dengan G30S.

Ibu yang kasihan kerap membawakan makanan untuk bapak Pranoto ke tahanannya dan ibu pun berusaha agar anak-anak dari Pranoto tidak menderita dengan menyenangkannya.

Bulan Oktober menceritakan banyak sejarah di Indonesia. seperti 1 Oktober Sebagai Salah Satu Kisah Jendral A Yani
luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com